Tips Cara Berkenalan Yang Baik Dengan Orang Baru

cara berkenalan

Tips Cara Berkenalan – Tidak usah malu mengakui jika cara berkenalan dengan orang baru yang kita lakukan kadang aneh. Mungkin beberapa dari kamu malah ada yang takut memulai untuk berkenalan. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berkenalan dengan orang baru.

Pada dasarnya hal yang membuat orang agak malu melakukan perkenalan adalah karena masalah komunikasi. Kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam sebuah lingkungan baru agar dapat terjalin suatu hubungan yang baik.

Nah berikut adalah cara berkenalan yang baik dengan orang baru :

Mulai Dari Perkataan Yang Simple / Sederhana

Agar terkesan tidak SKSD atau sok kenal sok dekat, dalam cara berkenalan dengan orang baru usahakan untuk memulai dengan obrolan yang sederhana. Bisa kamu mulai misalnya dengan menanyakan “jam berapa sekarang?” atau ungkapan seperti “hari ini panas sekali ya!”.

Cara ini bisa efektif untuk kamu yang ingin memulai berkenalan dengan orang baru. Jika mendapatkan respon yang bagus, bisa kamu lanjutkan untuk obrolan yang berikutnya.

Bicarakan Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Lawan Bicaramu

Salah satu sifat dasar manusia yang membuat dirinya merespon adalah dengan membicarakan semua hal tentang dirinya. Saat ingin berkenalan dengan orang baru,  jangan terlalu banyak membicarakan tentang dirimu. Karena hal itu tidak akan membuat lawan bicaramu tertarik.


Baca Juga :


Tanyakan hal-hal umum seperti kuliah dimana? atau kerja dimana? serta berbagai macam hal tentang lawan bicaramu. Cara berkenalan seperti ini bisa dibilang cukup efektif. Karena selain menarik bagi lawan bicaramu, kamu juga akan mendapatkan banyak informasi tentang dirinya. Akan tetapi jangan berlebihan ya pertanyaannya, salah-salah kamu bisa dianggap terlalu kepo.

Kontak Mata Lawan Bicaramu

Kontak mata dengan lawan bicara adalah hal yang penting dalam cara berkenalan dengan orang baru. Karena kontak mata menandakan kamu memperhatikan apa yang sedang lawan bicaramu katakan.

Dengan kontak mata setidaknya lawan bicaramu akan merasa bahwa apa yang dibicarakan menarik. Ini penting karena dengan ini kamu bisa memenangkan hatinya. Tapi ingat! kamu jangan menantap lawan bicaramu berlebihan. Karena hal itu justru dapat menggangu lawan bicaramu.

Cari Topik Obrolan Yang Sedang Tren / Booming

Selain membicarakan hal-hal tentang lawan bicaramu, kamu juga bisa memilih topik obrolan yang sedang tren saat itu. Cara ini efektif untuk saat kamu yang sudah kehabisan topik pembicaraan.

Tanyakan bagaimana pendapatnya tentang berita yang sedang hits dan booming saat itu. Kemudian lihat reaksinya. Bumbui beberapa candaan ditengah obrolan agar suasana lebih santai dan tidak serius. Perlu kamu perhatikan juga pilihan obrolan yang tidak terlalu serius.

Jaga Obrolan Tetap Standar, Jangan Berlebihan

Kamu adalah orang yang baru dikenalnya. Dan pertemanan kalian bisa disebut sebagai pertemanan 20 menitan. Jadi jaga obrolan agar tidak melenceng ke hal-hal yang lebih dalam. Karena kamu belum mengenal betul seperti apa sifat lawan bicaramu ini.

Bercandamu juga jangan keterlaluan. Pilih candaan aman yang sekiranya tidak akan membuatnya tersinggung.

Mengajak Ke Hubungan Pertemanan

Setelah kalian panjang lebar membicarakan sesuatu. Kamu dan lawan bicaramu pun sudah merasa yakin situasi obrolan kalian membuat nyaman satu sama lain. Jika sudah disituasi seperti ini tak perlu ragu untuk kamu ungkapkan bahwa kamu ingin hubungan pertemanan dengannya.

Ungkapkan secara jujur kepadanya bahwa kamu tidak ingin obrolan ini berakhir begitu saja. Dan puji bahwa berteman dengannya akan sangat membuatmu bahagia. Kemudian mintalah kontak whatsapp, no hp, atau apa saja agar kalian bisa terhubung dan memungkinkan untuk bertemu kembali.

Dengan tips cara berkenalan ini berhasil, kalian resmi menjalin hubungan pertemanan. Selamat mencoba.

batu combong