Menelisik Apa Arti Cinta

Jaman sekarang, anak bau kencur pun merasa sudah tahu apa arti cinta. Apalagi sejak dunia maya makin membumi. Bocah-bocah berumur belasan jadi sibuk menguraikan arti kata cinta, sok mencari arti cinta sesungguhnya. Padahal bisa dipastikan mereka tidak tahu apa arti cinta sejati itu.

Mencari apa arti cinta

menelisik apa arti cintaKetahuilah apa arti cinta sesungguhnya. Bukan sekedar tentang arti kata cinta, bukan juga sekedar tentang arti cinta sejati. Karena makna atau arti cinta yang sesungguhnya lebih dari yang dituliskan dalam sebuah puisi arti cinta.

Arti sebuah cinta semakin hari semakin melebar. Tiap kepala mendefisinikannya dalam rangkaian kata yang tidak sama. Menyikapi arti cinta sejati dalam bahasa yang berbeda-beda. Tetapi apakah itu berarti mereka benar memahami apa arti cinta? Sebenarnya tidak.

Puisi arti cinta pun berserakan di dunia maya. Banyak yang tak masuk akal, lebih banyak lagi yang terlalu muluk-muluk. Penjabaran yang muluk-muluk ini sering membuat orang salah menyikapi arti sebuah cinta.

Apakah arti cinta? Arti cinta yang sesungguhnya bukan hanya tentang sebuah rasa. Bukan cuma tentang sayang atau suka. Bukan tentang laki-laki atau perempuan, karena cinta tidak pernah mengenal rupa. Cinta tidak mau mengenal wujud, ia hanya bersedia mengenal hati saja.

Kalau begitu, apa arti cinta sejati?

Sulit bila Anda berusaha mengartikan cinta tanpa pernah merasakan cinta itu sendiri. Tetapi lebih sesat lagi bila Anda menguraikan cinta berdasarkan apa yang pernah Anda alami. Karena apa yang Anda alami tersebut belum tentu mewakili arti cinta sejati.

Cinta bukan berarti sakit hati. Tapi jangan berharap bisa merasakan cinta sejati bila Anda tidak siap jatuh hati. Kesiapan untuk merasakan sakit ini adalah modal. Sebuah modal yang mahal, memang. Tetapi hasilnya sepadan.

Pada akhirnya Anda akan mengerti apa arti cinta yang sesungguhnya. Bukan dari sudut pandang orang pertama, tetapi dari kacamata orang ketiga. Tidak adil bila Anda menceritakan apa itu cinta dari pengalaman Anda. Sebab yang dialami orang lain belum tentu serupa.

Pemahaman tentang apa arti cinta sejati justru lebih adil bila dilimpahkan kepada mereka yang belum pernah merasakan emosi ini. Karena mereka netral, mereka tidak condong ke kiri dan tidak juga condong ke kanan. Mereka tidak akan berusaha untuk menyatakan bahwa cinta itu serba indah. Namun mereka juga tidak akan menekankan bahwa cinta itu penuh penderitaan.

Masih seputar cinta, baiknya Anda tahu juga Apa Itu Ramalan Cinta?

jimat pelarisan